Jumat, 07 April 2017

CONTOH RPP TA'LIM VIII SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :   VIII / I
Standar Kompetensi       : 1. Memahami perlunya kesungguhan, kontinuitas, dan cita-cita yang luhur bagi seorang siswa               
Kompetensi Dasar         :   1.1. Menjelaskan perlunya kesungguhan dan kontinuitas
              .
Indikator                      :
·                                              Menyebutkan perlunya kesungguhan dan kontinuitas
 Alokasi                       :  2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
·                                              1.  Menyebutkan perlunya kesungguhan dan kontinuitas
B. Materi Pembelajaran            :
1.          Perlunya kesungguhan , kontinuitas dan  menyantuni diri.

C. Metode Pengajaran  :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I    
·               Materi  : -  Perlunya kesungguhan dan kontinuitas

      a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya          :
-          Mengapa kita harus sungguh-sungguh dan kontinu dalam menuntut ilmu?
-          Sebutkan manfaat sungguh-sungguh dan kontinyu dalam menuntut ilmu?
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru meminta siswa untuk membaca.
2.      Siswa menyebutkan manfaat  perlunya kesungguhan dan kontinuitas
3.      Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
4.      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      Membuat kesimpulan.
2.      Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.      Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan manfaat  perlunya kesungguhan dan kontinuitas, lewat buku ta’lim maupun buku lain.

2.   Pertemuan II   
      Materi  : - Menyantuni diri
      a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya          :
                   Berilah contoh Menyantuni diri
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru meminta siswa untuk membaca buku ta’lim
2.      Siswa menyebutkan contoh beberapa menyantuni diri.
3.      Secara bergantian siswa menyebutkan contoh menyantuni diri.
4.      Secara kelompok siswa membuat kesimpulan tentang arti  menyantuni diri dan contohnya.
c. Penutup
1.      Melakukan tes yang berhubungan dengan materi di atas.
2.      Memberi tugas individu .
E. Sumber Belajar        ;
1.         Buku
-   Buku Ta’limul Muta’alim
-   Buku Akhlaq Lil Baniin
-   Buku Washoya
2.         Guru
3.         Otrans Media.com.
4.         Gambar-gambar
5.         CD
F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.       tes lisan
b.      tes tertulis
c.       penugasan
d.      diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.       daftar pertanyaan
b.      tes isian singkat
c.       tes pilihan ganda
d.      tes uraian
e.       pekerjaan rumah
f.       bagan rangkuman
g.       lembar diskusi



Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel




MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID 



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

 MTs                             :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :   VIII / I
Standar Kompetensi     : 1. Memahami perlunya kesungguhan, kontinuitas, dan cita-cita yang luhur     bagi seorang siswa                                        
Kompetensi Dasar       : 1.2. Menjelaskan perlunya cita-cita luhur dan  usaha maksimal
                .
Indikator                      :    Menyebutkan perlunya cita-cita luhur dan usaha maksimal
Alokasi                        :   2   jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
                                            Menyebutkan perlunya cita-cita luhur dan usaha maksimal
B. Materi Pembelajaran            :
                                            Perlunya cita-cita luhur dan usaha maksimal
C. Metode Pengajaran  :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Membaca

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
      Materi  : - Perlunya cita-cita luhur
                   
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-          Bagaimana Kisah para ulama’yang memiliki cita-cita luhur .?
3. Apersepsi : Sebutkan 2 aplikasi rasa memiliki cita –cita luhur !.
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru menyajikan buku ta’lim.
2.      Siswa membaca buku ta’lim.
3.      Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.      Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.      Guru menyimpulkan.
7.      Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.


2.   Pertemuan II
      Materi  : - Perlunya usaha maksimal                 
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.        Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-          Bagaimana Kisah Amirul mu’minin Aly bin Abi Thalib yang memiliki usaha maksimal dalam menuntut ilmu.?
-           
3. Apersepsi : Sebutkan 2 aplikasi usaha sekuat tenaga/maksimal dalam menuntut ilmu.
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru menyajikan buku ta’lim.
       2.Siswa membaca buku ta’lim.
3.        Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.        Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.        Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.        Guru menyimpulkan.
7.        Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.

E. Sumber Belajar       
1.                                                 Buku
-          Buku Ta’limul muta’alim
-          Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.       tes lisan
b.      tes tertulis
c.       penugasan
d.      diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.       daftar pertanyaan
b.      tes isian singkat
c.       tes pilihan ganda
d.      tes uraian
e.       pekerjaan rumah
f.       lembar diskusi

Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :  VIII / I
Standar Kompetensi     : 1. Memahami perlunya kesungguhan, kontinuitas, dan cita-cita yang luhur bagi seorang siswa                                       
Kompetensi Dasar       : 1.3. Menjelaskan perlunya usaha dhohir bathin
Indikator                      :
·         Menyebutkan sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
Alokasi                        : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Menyebutkan sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
B. Materi Pembelajaran            :
    Sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
C. Metode Pengajaran  :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Membaca

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
             Materi : -  Sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
                 
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
-          Apa yang kamu ketahui tentang sifat malas dan akibat dari sifat malas ?
-          Sebutkan 3 contoh sifat malas beserta penyebabnya? .
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2.      Siswa menyebutkan sebab sebab kemalasan .
3.      Guru menjelaskan sebab sebab kemalasan dan cara mengatasinya .
4.      Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5.      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
2.      melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3.    memberikan tugas individu yang terkait dengan sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
2.   Pertemuan II.  
            Materi  : - Sebab-sebab kemalasan dan cara mengantisipasinya
a. Pendahuluan            :
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
                                Bagaimanakah  cara menghadapi kemalasan.
                                Sebutkan 3  cara menghadapi kemalasan.
-          b. Kegiatan Inti.
1.    Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
1.    Siswa menyebutkan  cara menghadapi kemalasan.
1.    Guru menjelaskan  cara menghadapi kemalasan.
2.    Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5.  Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
2.      Memberikan tugas individu tentang tata cara menghadapi sifat malas yang harus dilakukan seorang murid dalam menuntut ilmu.


E. Sumber Belajar        ;
1.      Buku
a.       Buku Ta’limul muta’alim
b.      Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.       tes lisan
b.      tes tertulis
c.       penugasan
d.      diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.       daftar pertanyaan
b.      tes isian singkat
c.       tes pilihan ganda
d.      tes uraian
e.       pekerjaan rumah
f.       lembar diskusi

Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel




MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :  VIII / I
Standar Kompetensi     : 1. Memahami perlunya kesungguhan, kontinuitas, dan cita-cita yang luhur bagi seorang siswa                                       
Kompetensi Dasar       : 1.4. Menjelaskan perlunya usaha dhohir bathin.
                                            .
Indikator                      :
1.    Menyebutkan perlunya usaha sekuat-kuatnya baik dhohir maupun bathin.
2.    Menyebutkan peranan ilmu dalam kehidupan sesorang
Alokasi                        :   2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.     Menyebutkan perlunya usaha sekuat-kuatnya baik dhohir maupun bathin.
2.        Menyebutkan peranan ilmu dalam kehidupan sesorang
 B. Materi Pembelajaran           :
1.  Usaha sekuat-kuatnya baik dhohir maupun bathin.
2.  Peranan ilmu dalam kehidupan sesorang
C. Metode Pengajaran  :
1.                              Ceramah bervariasi
2.                              Diskusi
3.                              Tanya Jawab
4.                              Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
              Materi     : -   Usaha sekuat-kuatnya baik dhohir maupun bathin.

a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
                         Apa saja usaha sekuat-kuatnya baik dhohir maupun bathin.?.
3.  Apersepsi          : Sebutkan 3 hal usaha dhohir maupun bathin .
b. Kegiatan Inti.
1.         Guru menyajikan buku ta’lim.
2.       Siswa membaca buku ta’lim.
3.      Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.         Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.         Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.         Guru menyimpulkan.
7.    Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.

2.   Pertemuan II
   Materi         : -  Peranan ilmu dalam kehidupan sesorang

  a. Pendahuluan    :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-          Bagaimanakah peranan ilmu dalam kehidupan seseorang?.
3.  Apersepsi          : Sebutkan 3 peranan ilmu dalam kehidupan seseorang .
b. Kegiatan Inti.
1.        Guru menyajikan buku ta’lim.
2.        Siswa membaca buku ta’lim.
3.        Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.        Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.        Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.        Guru menyimpulkan.
7.        Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.

E. Sumber Belajar       
1.    Buku
Buku Ta’limul muta’alim
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
-       tes lisan
-       tes tertulis
-       penugasan
-       diskusi
      2. Bentuk Instrumen
-       daftar pertanyaan
-       tes isian singkat
-       tes pilihan ganda
-       tes uraian
-       pekerjaan rumah
-       lembar diskusi

Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel



MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :   VIII / I
Standar Kompetensi     : 2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.                                       
Kompetensi Dasar       : 2.1. Menjelaskan hari mulai belajar.
                                            
.
Indikator                      :1. Menyebutkan hari mulai belajar.
Alokasi                        :  1  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menyebutkan hari mulai belajar.
 B. Materi Pembelajaran        :
1.      Hari mulai untuk belajar.
C. Metode Pengajaran  :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
            Materi  : - Menyebutkan hari mulai untuk belajar.
       
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
a.       Kapankah hari  yang tepat untuk mulai belajar?.
3.  Apersepsi          : Sebutkan  hari yang tepat untuk belajar .
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru menyajikan buku ta’lim.
2.      Siswa membaca buku ta’lim.
3.      Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.      Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.      Guru menyimpulkan.
7.      Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.


E. Sumber Belajar       
1.                               Buku
Buku Ta’limul muta’alim
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi





Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID






















RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :   VIII / I
Standar Kompetensi     : 2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.                                       
Kompetensi Dasar     : 2.2. Menjelaskan panjang pendeknya  pelajaran dan tingkat pelajaran yang didahulukan.
Indikator                      :
1.                Menyebutkan panjang pendeknya pelajaran.
2.                Menyebutkan tingkat pelajaran yang didahulukan.
Alokasi                        :   2  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.      Menyebutkan panjang pendeknya pelajaran.
2.      Menyebutkan tingkat pelajaran yang didahulukan.
B. Materi Pembelajaran            :
1.      Panjang pendeknya pelajaran.
2.      Tingkat pelajaran yang didahulukan.
C. Metode Pengajaran  :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Membaca

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
            Materi  : -  Panjang pendeknya pelajaran..
                 
a. Pendahuluan            :
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
                    2.Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
a.       Apa yang kamu ketahui tentang panjang pendeknya pelajaran ?
b.      Sebutkan 3  contoh pengulangan dalam pelajaran di kelas .
b. Kegiatan Inti.
1. Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2. Guru menjelaskan arti prihatin.
3. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
4. Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
2.      melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3.      memberikan tugas individu yang terkait panjang pendeknya pelajaran .

2.   Pertemuan II.  
      Materi  : - Tingkat pelajaran yang didahulukan.

a. Pendahuluan            :
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
a.                     Apakah keutamaan mendahulukan pelajaran yang mudah?
b.                    Sebutkan 3 hal keutamaan mendahulukan pelajaran yang mudah
b. Kegiatan Inti.
1.            Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2.            Siswa menyebutkan  3 hal keutamaan prihatin
3.            Guru menjelaskan keutamaan mendahulukan pelajaran yang mudah.
4.            Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5.      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
2.      Memberikan tugas individu tentang keutamaan mendahulukan pelajaran yang mudah bagi seorang pelajar.


E. Sumber Belajar        ;
1.   Buku
a.    Buku Ta’limul muta’alim
b.    Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi



Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                             :  MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas / Semester          :  VIII / I
Standar Kompetensi     : 2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.                                                                   
Kompetensi Dasar       : 2.3. Menjelaskan cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a.
Indikator                      :
1.      Menyebutkan cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a.

Alokasi                        : 2  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.        Menyebutkan cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a..
 B. Materi Pembelajaran           :
1.         cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a.
C. Metode Pengajaran  :
5.                              Ceramah bervariasi
6.                              Diskusi
7.                              Tanya Jawab
8.                              Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
      Materi  : - cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a..
                   
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
c.       Apa yang dimaksud dengan  memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a.?.
3.  Apersepsi    : Sebutkan 3 hal yang termasuk cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a. .
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru menyajikan buku ta’lim.
2.      Siswa membaca materi tentang wira’i
3.      Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.      Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.      Guru menyimpulkan.
7.      Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.

2.   Pertemuan II
      Materi  : - cara memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a.
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya    :
-          Mengapa kita harus  memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a. di waktu menuntut ilmu/belajar?
-          Sebutkan manfaat  memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a. di waktu menuntut ilmu.
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru meminta siswa untuk membaca.
2.      Siswa menyebutkan perlunya memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a. di waktu belajar .
3.      Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
4.      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      Membuat kesimpulan.
2.      Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.      Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan perlunya memahami pelajaran,membuat catatan dan berdo’a. di waktu menuntut ilmu, lewat buku ta’lim maupun buku lain.
E. Sumber Belajar       
1.      Buku
a.       Buku Ta’limul muta’alim
b.      Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi

Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


MTs                             :  MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas / Semester          :   VIII / I
Standar Kompetensi     : 2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.                                                                   
Kompetensi Dasar       : 2.4. Menjelaskan arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
Indikator                      :
1.      Menyebutkan arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
2.      Menyebutkan manfaat  mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.

 Alokasi                       : 2  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.Menyebutkan  arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
2.Menyebutkan manfaat mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
B. Materi Pembelajaran            :
1. Arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
2. Manfaat mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.
C. Metode Pengajaran  :
1.      Ceramah bervariasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I
             Materi : -  arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah..

      a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
a.       Pernahkah kamu mendengar  arti mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah.?.
3. Apersepsi           : Jelaskan arti  mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah. .
b. Kegiatan Inti.
1.                Guru menyajikan buku ta’lim.
2.                Siswa membaca materi “menghadap kiblat”
3.                Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.                Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.                Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.                Guru menyimpulkan.
7.                Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.

2.   Pertemuan II
      Materi  : - Manfaat  mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah..
                   
a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
a.       Manfaat  Apa saja yang dihasilkan dari mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah. dalam menuntut ilmu?.
3.  Apersepsi    : Sebutkan contoh manfaat mudzakarah ,munadhoroh, dan muthorohah. .
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru menyajikan buku ta’lim.
2.      Siswa membaca materi “Kisah keberhasilan ulama’karena menghadap kiblat.
3.      Membentuk kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.      Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.      Guru menyimpulkan.
7.      Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c. Penutup
1.      Melakukan post test.
2.      Memberi tugas.
E. Sumber Belajar       

1.      Buku Ta’limul muta’alim
c.       Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar

F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.         tes lisan
b.        tes tertulis
c.         penugasan
d.        diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.       daftar pertanyaan
b.      tes isian singkat
c.       tes pilihan ganda
d.      tes uraian
e.       pekerjaan rumah
f.       lembar diskusi

Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :  VIII / I
Standar Kompetensi       :  2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.
Kompetensi Dasar         :   2.5. Menjelaskan cara menggali ilmu .
              .
Indikator                      :
·         Menyebutkan  cara menggali ilmu.
·         Menyebutkan bahwa ilmu dapat diperoleh dari siapapun orangnya.
 Alokasi                       :  1  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
·         Menyebutkan cara menggali ilmu.
·         Menyebutkan bahwa ilmu dapat diperoleh dari siapapun orangnya.
B. Materi Pembelajaran            :
·         Cara menggali ilmu.
·         Ilmu dapat diperoleh dari siapapun orangnya.
C. Metode Pengajaran  :
3.    Ceramah bervariasi
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I    
  Materi            :    Cara menggali ilmu.
Ilmu dapat diperoleh dari siapapun orangnya.


      a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya    :
-          Mengapa kita harus mengetahui cara menggali ilmu?
-          Sebutkan Pentingnya menggali ilmu.
b. Kegiatan Inti.
1.      Guru meminta siswa untuk membaca.
2.      Siswa menyebutkan Pentingnya menggali ilmu.
3.      Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
4.      Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.      Membuat kesimpulan.
2.      Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.      Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan Pentingnya menggali ilmu., lewat buku ta’lim maupun buku lain.

E. Sumber Belajar        ;
1.    Buku
-       Buku Ta’limul Muta’alim
-       Buku Akhlaq Lil Baniin
-       Buku Washoya
2.    Guru
3.    Otrans Media.com.
     4.  Gambar-gambar
5.    CD
F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.bagan rangkuman
g.lembar diskusi











Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel







MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID 







RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

MTs                              :   MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran             :  TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester          :  VIII / I
Standar Kompetensi       :  2. Memahami permulaan belajar, ukuran belajar dan tata tertibnya.
Kompetensi Dasar         :   2.6. Menjelaskan arti syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .
              .
Indikator                      :
1.          Menjelaskan arti syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .
 Alokasi                       :  1  jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran          :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Menjelaskan arti syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala
.B. Materi Pembelajaran           :
      Arti syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .
C. Metode Pengajaran  :
1.    Ceramah bervariasi
2.    Diskusi
3. Tanya Jawab
4.    Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    :
1.   Pertemuan I    
  Materi            :     arti syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .

      a. Pendahuluan            :
1.      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.      Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya          :
a.    Apa yang kamu ketahui tentang syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .?
b.    Sebutkan Pentingnya  syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .
b. Kegiatan Inti.
1.    Guru meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa menyebutkan Pentingnya  syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala ..
3.    Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
4.    Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
1.    Membuat kesimpulan.
2.    Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.    Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan Pentingnya syukur, loba ,thama’ dan lillahi ta’ala .., lewat buku ta’lim maupun buku lain.




E. Sumber Belajar        ;
4.    Buku
-       Buku Ta’limul Muta’alim
-       Buku Akhlaq Lil Baniin
-       Buku Washoya
5.    Guru
6.    Otrans Media.com.
4.   Gambar-gambar
5.    CD
F. Penilaian Hasil Belajar         :
      1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
      2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.bagan rangkuman
g.lembar diskusi





Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mapel





MUSTAFID.S.Pd.I                                                       MOH. SAHID             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MUDAH MENGHAFAL NADZOMAN ALFIYYAH IBNU MALIK

Cara Menghafal Alfiyyah Ibnu Malik    Cara mudah menghafal kitab Alfiyah Ibnu Malik? Eumhh.. Kitab Alfiyyah ibnu malik me...