RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VIII / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami perlunya biaya dimasa belajar dan perlunya ketrampilan
Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami perlunya biaya dimasa belajar
Indikator :
1.
Menyebutkan perlunya biaya dimasa belajar
2.
Mengemukakan kisah seorang ulama’ yang berhasil
walaupun dimasa belajarnya sambil mencari nafkah
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1.
Menyebutkan perlunya biaya dimasa belajar
2.
Mengemukakan kisah seorang ulama’ yang berhasil
walaupun dimasa belajarnya sambil mencari nafkah
B.
Materi Pembelajaran :
1. Perlunya
biaya dimasa belajar
2.
Kisah seorang ulama’ yang berhasil walaupun dimasa
belajarnya sambil mencari nafkah
C.
Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Perlunya biaya dimasa belajar
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
-
Mengapa kita harus mengerti perlunya biaya dalam menuntut ilmu?
-
Sebutkan manfaat biaya dalam menuntut ilmu?
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa
menyebutkan manfaat
perlunya biaya dalam menuntut ilmu
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4.
Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi.
3.
Memberi tugas individu agar siswa
menyebutkan manfaat
perlunya biaya dalam menuntut ilmu, lewat buku ta’lim maupun buku lain.
2. Pertemuan II
Materi :
- Kisah seorang ulama’ yang
berhasil walaupun dimasa belajarnya sambil mencari
nafkah
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
Ceritakan kembali Kisah seorang ulama’ yang
berhasil walaupun dimasa belajarnya
sambil mencari nafkah
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru meminta siswa
untuk membaca buku
ta’lim
2. Siswa
menceritakan kembali Kisah seorang ulama’ yang berhasil
walaupun dimasa belajarnya sambil mencari nafkah
3. Secara
bergantian siswa menceritakan
kembali Kisah
seorang ulama’ yang berhasil walaupun dimasa belajarnya sambil mencari nafkah
4. Secara
kelompok siswa membuat kesimpulan tentang Kisah seorang ulama’ yang berhasil walaupun dimasa
belajarnya sambil mencari nafkah
c.
Penutup
1.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi di atas.
2.
Memberi tugas individu .
E. Sumber Belajar ;
1. Buku
- Buku
Ta’limul Muta’alim
- Buku Akhlaq Lil Baniin
- Buku
Washoya
2. Guru
3. Otrans Media.com.
4. Gambar-gambar
5. CD
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. bagan rangkuman
g. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID.SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTS DARUL ULUM
Mata Pelajaran :
TA’LIMUL
MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VIII / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami perlunya biaya dimasa belajar dan perlunya ketrampilan
Kompetensi Dasar : 3.2. Memahami
perlunya pengorbanan harta di waktu belajar
.
Indikator : 1. Mengemukakan perlunya pengorbanan harta di waktu belajar.
2.Mengemukakan kisah seorang
ulama yang rela mengorbankan seluruh hartanya demi ilmu
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Mengemukakan perlunya
pengorbanan harta di waktu belajar.
2. Mengemukakan kisah
seorang ulama yang rela mengorbankan seluruh
hartanya demi ilmu
B.
Materi Pembelajaran :
Perlunya cita-cita luhur
dan usaha maksimal
C.
Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Mengemukakan
perlunya pengorbanan harta di waktu belajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
-
Apa manfaat pengorbanan harta di waktu belajar?
3. Apersepsi : Sebutkan 2 aplikasi pengorbnan harta di waktu belajar!.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2.
Siswa membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi :
- Mengemukakan kisah seorang
ulama yang rela mengorbankan seluruh
hartanya demi ilmu
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi
dengan mengajukan pertanyaan :
Bagaimana Kisah seorang ulama yang rela mengorbankan
seluruh hartanya demi ilmu
3. Apersepsi : Sebutkan 2 aplikasi rela mengorbankan harta dalam menuntut ilmu.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7.
Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1.
Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1.
Buku
-
Buku Ta’limul muta’alim
-
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi :
3. Memahami perlunya biaya dimasa belajar dan
perlunya ketrampilan
Kompetensi
Dasar : 3.3.
Memahami perlunya ketrampilan
Indikator :
·
Mengemukakan pentingnya ketrampilan bagi seseorang
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
·
Mengemukakan pentingnya ketrampilan bagi seseorang
B.
Materi Pembelajaran :
Sebab-sebab
kemalasan dan cara mengantisipasinya
C.
Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.
Pertemuan I
Materi : - Perlunya ketrampilan bagi seseorang
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan, misalnya :
-
Apa yang kamu ketahui tentang ketrampilan bagi seseorang?
-
Sebutkan 3 contoh ketrampilan
?.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2. Siswa menyebutkan contoh ketrampilan
3. Guru menjelaskan manfaat
ketrampilan bagi seseorang.
4. Siswa menyimpulkan
penjelasan guru.
5.
Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
membuat kesimpulan bersama-sama
dari hasil diskusi.
2.
melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
3.
memberikan tugas individu yang terkait dengan contoh
ketrampilan dan manfaatnya.
2.
Pertemuan II.
Materi : - Perlunya ketrampilan bagi seseorang
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
- Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
-
Apa yang kamu ketahui tentang ketrampilan bagi seseorang?
-
Sebutkan 3 contoh ketrampilan
?.
b.
Kegiatan Inti.
3.
Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
- Siswa menyebutkan contoh ketrampilan
- Guru menjelaskan manfaat ketrampilan bagi seseorang.
- Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
- Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi.
2. melakukan
tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
3. memberikan tugas
individu yang terkait dengan contoh ketrampilan dan manfaatnya.
E. Sumber Belajar ;
1. Buku
a. Buku
Ta’limul muta’alim
b. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi :
4. Memahami perlunya tawakal bagi seorang siswa.
Kompetensi
Dasar : 4.1.Menjelaskan bahwa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan
duniawi..
Indikator :
1. Menyebutkan bahwa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan
duniawi.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan bahwa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan
duniawi.
B. Materi
Pembelajaran :
1. Pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan duniawi.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - bahwa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan duniawi.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Mengapa
pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan duniawi?.
3. Apersepsi :
Sebutkan 3 alasan mengapa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan
duniawi.
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
menyajikan buku
ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi : - bahwa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan duniawi.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Mengapa
pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan duniawi?.
3.
Apersepsi : Sebutkan 3 alasan mengapa pelajar tidak boleh terpengaruh dengan urusan
duniawi.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
Buku Ta’limul muta’alim
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
tes lisan
tes tertulis
penugasan
diskusi
2. Bentuk Instrumen
daftar pertanyaan
tes isian singkat
tes pilihan ganda
tes uraian
pekerjaan rumah
lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi :
4. Memahami perlunya tawakal bagi seorang siswa.
Kompetensi
Dasar : 4.2.Menjelaskan perlunya hidup dengan prihatin bagi pelajar.
Indikator :1. Mengemukakan bahwa pelajar harus prihatin.
2.Menyebutkan bahwa pelajar harus berani menghadapi kesulitan dan
kepayahan.
Alokasi :2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Mengemukakan bahwa pelajar harus prihatin.
2.Menyebutkan bahwa
pelajar harus berani menghadapi kesulitan dan kepayahan.
B. Materi Pembelajaran :
1. Bahwa pelajar
harus prihatin.
2. Bahwa pelajar harus
berani menghadapi kesulitan dan kepayahan.
C.
Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Bahwa
pelajar harus prihatin.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
a. Mengapa seorang
pelajar harus prihatin dalam menuntut
ilmu?.
3. Apersepsi : Sebutkan alas an pelajar harus prihatin dalam menuntut ilmu.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
1. Pertemuan
II
Materi : - 2. Bahwa pelajar harus berani menghadapi kesulitan dan kepayahan.
a. Pendahuluan :
3.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
4. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
b. Mengapa seorang
pelajar harus berani menghadapi kesulitan dan kepayahandalam menuntut ilmu?.
3. Apersepsi : Sebutkan alas an seorang pelajar harus berani menghadapi
kesulitan dan kepayahandalam menuntut ilmu .
b.
Kegiatan Inti.
8.
Guru menyajikan buku ta’lim.
9. Siswa
membaca buku ta’lim.
10. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
11. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
12. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
13. Guru menyimpulkan.
14. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
3. Melakukan post test.
4. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1.
Buku
Buku Ta’limul muta’alim
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
|
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VIII/ 2
Standar Kompetensi :
4. Memahami perlunya tawakal bagi seorang siswa.
Kompetensi
Dasar : 4.3. Menjelaskan perlunya menggunakan seluruh waktu buat ilmu .
Indikator :
1. Menyebutkan perlunya menggunakan seluruh waktu buat ilmu .
Alokasi :
2. jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan perlunya menggunakan seluruh waktu buat ilmu .
B. Materi Pembelajaran :
1. Perlunya menggunakan seluruh
waktu buat ilmu .
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.
Pertemuan I
Materi : - perlunya menggunakan seluruh waktu buat
ilmu .
a. Pendahuluan :
1.Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan, misalnya :
a. Mengapa seorang
pelajar menggunakan seluruh waktu buat ilmu . ?
b. Sebutkan 3
contoh seorang pelajar
menggunakan seluruh waktu buat ilmu
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2. Guru menjelaskanarti prihatin.
3. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
4. Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
membuat kesimpulan bersama-sama
dari hasil diskusi.
2.
melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
3. memberikan tugas
individu yang terkait seorang pelajar menggunakan seluruh waktu buat ilmu.
2.
Pertemuan II.
Materi :
- perlunya menggunakan seluruh waktu buat
ilmu .
a. Pendahuluan :
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
a.
Apakah keutamaan seorang pelajar menggunakan seluruh waktu buat ilmu?
b.
Sebutkan 3 hal keutamaan seorang pelajar menggunakan seluruh waktu buat ilmu
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2.
Siswa menyebutkan 3 hal keutamaan prihatin
3.
Guru menjelaskan keutamaan mendahulukan pelajaran
yang mudah.
4.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5. Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
Melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
2. Memberikan
tugas individu tentang keutamaan mendahulukan pelajaran yang mudah bagi seorang pelajar.
E. Sumber Belajar ;
1.
Buku
a.
Buku Ta’limul muta’alim
b.
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi :
5. Memahami methode belajar yang
efektif dan saat saat belajar.
Kompetensi
Dasar : 5.1. Menjelaskan method menghafal.
Indikator :
1.
Mendemonstrasikan cara-cara menghafal.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1.
Mendemonstrasikan cara-cara menghafal.
B. Materi
Pembelajaran :
1.
Methode
menghafal.
C. Metode Pengajaran :
5.
Ceramah bervariasi
6.
Diskusi
7.
Tanya Jawab
8.
Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi :
- Methode menghafal.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
c. Bagaimana caramu
menghafal pelajaran.?.
3. Apersepsi : Sebutkan 3
cara menghafal pelajaran.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca materi tentang method
menghafal
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi :
- Methode menghafal.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
d. Bagaimana caramu
menghafal pelajaran.?.
3. Apersepsi : Sebutkan 3
cara menghafal pelajaran.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca materi tentang method
menghafal
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E.
Sumber Belajar
1. Buku
a. Buku
Ta’limul muta’alim
b. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas
/ Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi :
5. Memahami methode belajar yang
efektif dan saat saat belajar.
Kompetensi
Dasar : 5.2. Menjelaskan methode belajar.
Indikator : 1. Mendemonstrasikan cara-cara belajar.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Mendemonstrasikan
cara-cara belajar.
B. Materi Pembelajaran :
1.
Cara-cara belajar.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Mendemonstrasikan
cara-cara belajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Pernahkah kamu Mendemonstrasikan cara-cara belajar.?.
3. Apersepsi : Jelaskan cara-cara
belajar.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2.
Siswa membaca materi “menghadap kiblat”
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7.
Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi : - Mendemonstrasikan
cara-cara belajar.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Pernahkah kamu Mendemonstrasikan cara-cara belajar.?.
3. Apersepsi :
Jelaskan
cara-cara belajar.
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
menyajikan buku
ta’lim.
2. Siswa
membaca materi “menghadap kiblat”
3. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil kesimpulan
dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
Ta’limul muta’alim
· Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.
tes lisan
b.
tes tertulis
c.
penugasan
d.
diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTS DARUL
ULUM
Mata Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VIII
/ 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami methode belajar yang
efektif dan saat saat belajar.
Kompetensi Dasar : 5.2. Menjelaskan saat-saat belajar .
Indikator :
·
Mengemukakan bahwa belajar berlangsung seumur hidup.
·
Menyebutkan saat saat belajar.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
·
Mengemukakan bahwa belajar berlangsung seumur hidup.
·
Menyebutkan saat saat belajar.
B.
Materi Pembelajaran :
·
Belajar berlangsung seumur hidup.
·
Saat saat belajar.
C. Metode Pengajaran :
1.Ceramah
bervariasi
2.Diskusi
3.Tanya Jawab
4.Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
·
belajar berlangsung seumur hidup.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
-
Mengapa kita harus belajar seumur hidup?
-
Sebutkan contoh belajar seumur hidup.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
2.
Siswa menyebutkan Pentingnya belajar seumur hidup.
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi.
3.
Memberi tugas individu agar siswa
menyebutkan
Pentingnya belajar seumur
hidup., lewat buku ta’lim maupun buku
lain.
1. Pertemuan II
· Menyebutkan saat saat belajar.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi
dengan beberapa pertanyaan misalnya :
- Mengapa
kita harus memperhatikan saat saat belajar?
- Sebutkan contoh saat saat belajar .
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa
menyebutkan Pentingnya belajar seumur hidup.
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.Membuat kesimpulan.
2.Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan Pentingnya belajar seumur hidup., lewat buku ta’lim maupun buku lain.
E. Sumber Belajar ;
1.Buku
-
Buku Ta’limul Muta’alim
-
Buku Akhlaq Lil Baniin
-
Buku Washoya
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.bagan rangkuman
g.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,SPd.i MOH.
SAHID
Tidak ada komentar:
Posting Komentar