RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata Pelajaran :
TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami ilmu dan fiqih serta keutamaannya.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan
kewajiban belajar.
.
Indikator :
1. Menyebutkan pengertian tentang kewajiban belajar.
2. Membaca hadits yang berhubungan dengan
kewajiban belajar.
3. Menyebutkan dalil yang berhubungan dengan
kewajiban belajar.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x
pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan
pengertian tentang
kewajiban belajar.
2. Membaca hadits yang
berhubungan dengan kewajiban belajar.
3. Menyebutkan dalil yang
berhubungan dengan kewajiban belajar.
B.
Materi Pembelajaran : 1. Pengertian tentang kewajiban belajar.
2. Hadits
yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
3. Dalil
yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
C.
Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Pengertian tentang kewajiban
belajar.
2. Hadits
yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
-
Mengapa kita wajib belajar dalam menuntut
ilmu?
-
Sebutkan hadits yang berhubungan dengan kewajiban
belajar?
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa
menyebutkan alasan
kewajiban bagi kita untuk belajar
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4.
Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi.
3.
Memberi tugas individu agar siswa
menyebutkan alasan kewajiban bagi kita untuk
belajar beserta haditsnya, lewat buku ta’lim maupun buku lain.
2. Pertemuan II
Materi : - Dalil yang
berhubungan dengan kewajiban belajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
Berilah contoh dalil yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru meminta siswa
untuk membaca buku
ta’lim
2. Siswa
menyebutkan contoh dalil yang berhubungan dengan kewajiban
belajar.
3. Secara
bergantian siswa menyebutkan
contoh dalil yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
4. Secara
kelompok siswa membuat kesimpulan tentang dalil yang berhubungan dengan kewajiban belajar.
5.
c. Penutup
1.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi di atas.
2.
Memberi tugas individu .
E. Sumber Belajar ;
1. Buku
- Buku
Ta’limul Muta’alim
- Buku Akhlaq Lil Baniin
- Buku
Washoya
2. Guru
3. Otrans
Media.com.
4. Gambar-gambar
5. CD
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. bagan rangkuman
g. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata Pelajaran :
TA’LIMUL
MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami ilmu dan fiqih serta keutamaannya.
Kompetensi Dasar : 1.2. Menunjukkan tentang keutamaannya ilmu .
Indikator : 1 . Menjelaskan pengertian tentang keutamaanya ilmu.
2 . Membaca Syi’ir yang berhubungan
dengan keutamaan ilmu.
3 . Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan
keutamaan ilmu.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian tentang
keutamaanya ilmu.
2.
Membaca Syi’ir yang berhubungan dengan keutamaan
ilmu.
3.
Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan
keutamaan ilmu.
B.
Materi Pembelajaran : 1. Menjelaskan pengertian tentang
keutamaanya ilmu.
2. Membaca Syi’ir yang berhubungan dengan
keutamaan ilmu.
3. Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan keutamaan ilmu
C.
Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Menjelaskan pengertian tentang
keutamaanya ilmu.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
- Bagaimanakah
keutamaanya ilmu.?
3. Apersepsi : Sebutkan 2 keutamaan ilmu !.
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2.
Siswa membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa
mempresentasikan hasil
diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi : - 1 . Membaca Syi’ir
yang berhubungan dengan keutamaan ilmu.
2. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan
keutamaan ilmu.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan mengajukan pertanyaan :
-Bagaimanakah
syi’ir yang berhubungan dengan keutamaan ilmu.?
3. Apersepsi : Sebutkan 2 syi’ir yang berhubungan dengan keutamaan ilmu.
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7.
Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1.
Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
-
Buku Ta’limul muta’alim
- Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs :
MTs DARUL
ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
1. Memahami ilmu dan
fiqih serta keutamaannya.
Kompetensi
Dasar : 1.3. Menjelaskan belajar ilmu akhlaq
Indikator : 1. Menyebutkan pengertian
tentang belajar ilmu akhlaq.
2. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan belajar
ilmu akhlaq.
3. Membaca si’ir yang berhubungan dengan belajar ilmu
akhlaq.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian tentang
belajar ilmu akhlaq.
2. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan belajar
ilmu akhlaq.
3. Membaca si’ir yang berhubungan dengan belajar ilmu
akhlaq.
B.
Materi Pembelajaran :
1. Pengertian
tentang belajar ilmu akhlaq.
2. Syi’ir yang
berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq.
3. Syi’ir yang
berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.
Pertemuan I
Materi : - 1. Menyebutkan pengertian tentang belajar ilmu akhlaq.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan, misalnya :
-
Apa yang kamu ketahui tentang ilmu akhlaq ?
-
Sebutkan 3 contoh akhlaq terpuji dan tercela .
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2. Siswa menyebutkan sebab sebab perlunya
belajar ilmu akhlaq .
3. Guru menjelaskan sebab sebab perlunya belajar ilmu
akhlaq .
4. Siswa menyimpulkan penjelasan
guru.
5.
Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
membuat kesimpulan bersama-sama
dari hasil diskusi.
2.
melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
3. memberikan tugas individu yang terkait dengan sebab-sebab serta manfaat belajar ilmu akhlaq.
2.
Pertemuan II.
Materi : - 1. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan
belajar ilmu akhlaq.
2. Membaca syi’ir
yang berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq.
a. Pendahuluan :
1.Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
- Bagaimanakah syi’ir yang berhubungan dengan belajar ilmu
akhlaq.
- Sebutkan 2 syi’ir yang berhubungan dengan
belajar ilmu akhlaq.
-
b. Kegiatan Inti.
1. Guru
minta siswa untuk membaca
materi ta’limul muta’alim.
2.
Siswa menyebutkan syi’ir
yang berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq..
3.
Guru menjelaskan syi’ir yang berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq..
4. Siswa menyimpulkan
penjelasan guru.
5. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
Melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
2.
Memberikan tugas individu tentang
syi’ir yang
berhubungan dengan belajar ilmu akhlaq.
E. Sumber Belajar ;
1.Buku
a. Buku
Ta’limul muta’alim
b. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
1. Memahami ilmu dan
fiqih serta keutamaannya.
Kompetensi
Dasar : 1.4. Menunjukkkan klasifikasi ilmu yang fardhu ain,fardhu kifayah dan yang haram
dipelajari.
.
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian fardhu
kifayah dan yang haram dipelajari.
2.Mengklasifikasikan
fardhu kifayah dan yang haram dipelajari.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian fardhu
kifayah dan yang haram dipelajari.
2.Mengklasifikasikan
fardhu kifayah dan yang haram dipelajari.
B. Materi
Pembelajaran :
1. Pengertian fardhu kifayah dan yang haram
dipelajari.
2.Mengklasifikasikan
fardhu kifayah dan yang haram dipelajari.
C.
Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Menjelaskan
pengertian fardhu kifayah dan yang haram dipelajari.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Bagaimanakah pengertian ilmu
fardhu kifayah dan ilmu yang haram dipelajari?
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
menyajikan buku
ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
5. Guru menyimpulkan.
6. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi :
- .Mengklasifikasikan fardhu kifayah dan yang
haram dipelajari.
-
Membaca syi’ir yang berhubungan dengan ilmu fardhu nkifayah dan yang
haram dipelajari.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
-
Bagaimanakah peranan ilmu fardu kifayah dan ilmu
yang haram dipelajari?.
3. Apersepsi :
Sebutkan manfaat
mengetahui ilmu fardhun kifayah dan yang haramdipelajari dalam kehidupan
seseorang .
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2.
Siswa membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7.
Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1.
Melakukan post test.
2.
Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
Buku Ta’limul muta’alim
Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
- tes lisan
- tes tertulis
- penugasan
- diskusi
2. Bentuk Instrumen
- daftar pertanyaan
- tes isian singkat
- tes pilihan ganda
- tes uraian
- pekerjaan rumah
- lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
1. Memahami ilmu dan
fiqih serta keutamaannya.
Kompetensi
Dasar : 1.5. Menjelaskan definisi ilmu.
Indikator :1. Menyebutkan pengertian ilmu.
2.Menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan
ilmu.
3. Membaca dalil yang berhubungan dengan ilmu.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian ilmu.
2. Menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan
ilmu.
3.
Membaca dalil yang berhubungan dengan ilmu.
B. Materi Pembelajaran : 1. Menyebutkan pengertian ilmu.
2.Menyebutkan dalil-dalil yang berhubungan dengan
ilmu.
3. Membaca dalil yang berhubungan dengan ilmu.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Menyebutkan pengertian ilmu.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
a. Apa yang
kamu ketahui tentang definisi ilmu?.
3. Apersepsi : Sebutkan
kalimat yang berhubungan dengan ilmu .
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
Pertemuan II
Materi : - 1 .Menyebutkan
dalil-dalil yang berhubungan dengan ilmu.
2. Membaca dalil
yang berhubungan dengan ilmu.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
2. Sebutkan
dalil dalil yang berhubungan dengan ilmu?.
3. Apersepsi : Bacalah dalil-dalil yang berhubungan dengan ilmu .
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
menyajikan buku
ta’lim.
2. Siswa
membaca buku ta’lim.
3. Membentuk
kelompok diskusi a “ 4 kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
- Buku
Ta’limul muta’alim
- Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a. tes lisan
b. tes tertulis
c. penugasan
d. diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
2. Memahami niat di waktu belajar.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan niat belajar
Indikator : 1. Menyebutkan pengertian niat belajar.
2. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan
dengan niat belajar.
3. Membaca
syi’it yang berhubungan dengan niat belajar.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian niat belajar.
2.Menyebutkan syi’ir yang berhubungan
dengan niat belajar.
3.Membaca syi’it yang berhubungan dengan niat belajar.
B. Materi Pembelajaran :
1. Menyebutkan pengertian niat belajar.
2. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan
dengan niat belajar.
3. Membaca syi’it yang
berhubungan dengan niat belajar.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1.
Pertemuan I
Materi : - 1. Menyebutkan
pengertian niat belajar.
a. Pendahuluan :
1.Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan, misalnya :
a. Apa yang
kamu ketahui tentang niat ?
b. Sebutkan 3
contoh niat belajar .
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru minta siswa untuk membaca materi ta’limul muta’alim.
2. Guru menjelaskan arti niat belajar.
3. Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
4. Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
membuat kesimpulan bersama-sama
dari hasil diskusi.
2.
melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
3. memberikan tugas
individu yang terkait pengertian niat belajar .
2.
Pertemuan II.
Materi :
- 1. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan niat belajar.
2. Membaca
syi’it yang berhubungan dengan niat belajar.
a. Pendahuluan :
1.Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2.Motivasi
dengan mengajukan pertanyaan, misalnya :
a. Bacalah
syi’ir yang berhubungan dengan niat belajar.
b. Sebutkan 2 syi’ir yang berhubungan dengan
niat belajar
b. Kegiatan Inti.
1. Guru
minta siswa untuk membaca
materi ta’limul muta’alim.
2. Siswa menyebutkan 2 syi’ir yang berhubungan dengan
niat
3. Guru
menjelaskan 2 syi’ir yang berhubungan dengan niat
4.
siswa menyimpulkan penjelasan guru.
5. Guru memberikan pertanyaan pada
siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.
Melakukan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi di atas.
2. Memberikan
tugas individu tentang keutamaan niat belajar bagi seorang pelajar.
E. Sumber Belajar ;
1. Buku
a. Buku
Ta’limul muta’alim
b. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
2. Memahami niat di waktu belajar.
Kompetensi
Dasar : 2.2. Menunjukkan klasifikasi niat baik dan niat buruk..
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian niat baik dan niat buruk.
2. Mengklasifikasikan
niat baik dan niat buruk.
3. Membaca
syi’ir yang berhubungan dengan niat belajar.
Alokasi :
2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan pengertian niat baik dan
niat buruk.
2.Mengklasifikasikan niat baik
dan niat buruk.
3.Membaca syi’ir yang berhubungan
dengan niat belajar.
B. Materi Pembelajaran :
1.
Pengertian niat baik dan niat buruk.
2.Niat
baik dan niat buruk.
3. Membaca
syi’ir yang berhubungan dengan niat belajar.
C.
Metode Pengajaran :
1.Ceramah bervariasi
2.Diskusi
3.Tanya Jawab
4.Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : -1. Menjelaskan pengertian niat baik dan
niat buruk.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
Apa yang dimaksud dengan niat baik dan niat buruk.?.
3. Apersepsi :
Sebutkan 2 contoh niat baik dan niat buruk.
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca materi tentang wira’i
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi : - 1. Mengklasifikasikan niat baik
dan niat buruk.
2.Membaca syi’ir yang berhubungan
dengan niat belajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
-
Mengapa kita harus bisa membedakan niat baik dan buruk?
-
Sebutkan manfaat
memahami bisa membedakan niat baik dan buruk?
-
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
-
Siswa menyebutkan perlunya memahami bisa
membedakan niat baik dan buruk.
2. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
3. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi.
-
Memberi tugas individu agar siswa
menyebutkan perlunya
memahami bisa membedakan niat baik dan buruk, lewat buku ta’lim maupun buku
lain.
E. Sumber Belajar
1. Buku
a. Buku
Ta’limul muta’alim
b. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata
Pelajaran : TA’LIMUL MUTA;ALIM
Kelas
/ Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
2. Memahami niat di waktu belajar.
Kompetensi
Dasar : 2.3. Menjelaskan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
Indikator : 1. Menyebutkan pengertian kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
2. Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
3. Membaca
syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
2. Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
3. Membaca
syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
B. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
2. Syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan
hikmah ilmu.
3..Membaca syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan ilmu
dan hikmah ilmu.
C. Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - 1. Menyebutkan pengertian kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
a. Pernahkah
kamu mendengar arti kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.?.
3. Apersepsi :
Jelaskan arti kelezatan ilmu dan hikmah
ilmu. .
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2. Siswa
membaca materi “arti kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.”
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4. Siswa mempresentasikan
hasil diskusi.
5. Siswa mengumpulkan
hasil diskusi.
6. Guru menyimpulkan.
7. Siswa menulis hasil
kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
2. Pertemuan II
Materi : - 1. Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan kelezatan
ilmu dan hikmah ilmu.
2.Membaca syi’ir
yang berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan
mengajukan pertanyaan :
a. Manfaat Apa saja yang dihasilkan dari membaca syi’ir yang
berhubungan dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.
3. Apersepsi :
Sebutkan contoh kelezatan
ilmu dan hikmah ilmu.
b. Kegiatan Inti.
1.
Guru menyajikan buku ta’lim.
2.
Siswa membaca materi “ syi’ir yang berhubungan
dengan kelezatan ilmu dan hikmah ilmu.”
3.
Membentuk kelompok diskusi a “ 4
kelompok.
4.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi.
5.
Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
6.
Guru menyimpulkan.
7.
Siswa menulis hasil kesimpulan dari guru.
c.
Penutup
1. Melakukan post test.
2. Memberi tugas.
E. Sumber Belajar
1. Buku
Ta’limul muta’alim
a. Buku Washoya,Akhlaqul lilBanin
2. Guru
3. Otrans.media.com
4. Gambar-gambar
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.
tes lisan
b.
tes tertulis
c.
penugasan
d.
diskusi
2. Bentuk Instrumen
a. daftar pertanyaan
b. tes isian singkat
c. tes pilihan ganda
d. tes uraian
e. pekerjaan rumah
f. lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VII /
I
Standar Kompetensi : 2. Memahami niat di waktu belajar.
Kompetensi Dasar : 2.4. Menjelaskan pantangan ahli ilmu .
Indikator : 1. Menyebutkan pengertian pantangan ahli ilmu.
2.Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan pantangan
ahli ilmu.
3.Membaca syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli
ilmu.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian pantangan ahli ilmu.
2.Menyebutkan syi’ir yang berhubungan dengan pantangan
ahli ilmu.
3.Membaca syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli
ilmu.
B.
Materi Pembelajaran :
1.
Pengertian pantangan ahli ilmu.
2.Syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli ilmu.
3.Membaca syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli
ilmu.
C.
Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : 1. Menyebutkan
pengertian pantangan ahli ilmu.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
a. Mengapa
kita harus
mengetahui pantangan ahli ilmu?
b.
Sebutkan Pentingnya pantangan ahli ilmu.
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
2.
Siswa menyebutkan Pentingnya pantangan ahli ilmu.
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2.
Melakukan tes yang berhubungan
dengan materi.
3.
Memberi tugas individu agar siswa
menyebutkan
Pentingnya pantangan ahli ilmu., lewat buku ta’lim maupun buku lain.
2.Pertemuan II
Materi : 1.Syi’ir yang
berhubungan dengan pantangan ahli ilmu.
2.Membaca syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli ilmu.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
a. Mengapa
kita harus
mengetahui Syi’ir yang berhubungan dengan pantangan ahli ilmu.?
b. Bacalah Syi’ir
yang berhubungan dengan pantangan ahli ilmu..
b.
Kegiatan Inti.
1.
Guru meminta siswa untuk membaca.
2.
Siswa menyebutkan Pentingnya pantangan ahli ilmu.
3.
Siswa menyimpulkan kegiatan guru.
4.
Guru memberikan pertanyaan pada siswa
dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1.Membuat
kesimpulan.
2.Melakukan tes yang berhubungan dengan materi.
3.Memberi tugas individu agar siswa menyebutkan dan membaca Syi’ir yang
berhubungan dengan pantangan ahli ilmu., lewat buku ta’lim maupun buku lain.
E. Sumber Belajar ;
1.Buku
a. Buku
Ta’limul Muta’alim
b. Buku Akhlaq Lil Baniin
c. Buku
Washoya
2. Guru
3. Otrans
Media.com.
4. Gambar-gambar
5. CD
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.bagan rangkuman
g.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MTs : MTs DARUL ULUM
Mata Pelajaran : TA’LIMUL MUTA’ALIM
Kelas / Semester :
VII /
I
Standar Kompetensi : 2. Memahami niat di waktu belajar.
Kompetensi Dasar : 2.5. Menjelaskan saran khusus buat pelajar .
Indikator : 1. Menyebutkan
pengertian saran khusus buat pelajar.
2.Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
3.
Membaca syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
Alokasi : 2 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa
diharapkan mampu :
1. Menyebutkan pengertian saran
khusus buat pelajar.
2.Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
3.
Membaca syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
.B. Materi Pembelajaran : 1. Menyebutkan pengertian saran khusus buat
pelajar.
2.Menyebutkan
syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
3.
Membaca syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
C.
Metode Pengajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Membaca
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : 1. Menyebutkan pengertian saran
khusus buat pelajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
a. Apa yang
kamu ketahui tentang saran khusus buat pelajar .?
b. Sebutkan Pentingnya
saran khusus buat pelajar .
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa menyebutkan Pentingnya saran
khusus buat pelajar..
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2. Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi.
3. Memberi
tugas individu agar siswa menyebutkan Pentingnya saran khusus buat pelajar., lewat buku ta’lim maupun buku
lain.
2.Pertemuan II
Materi : 1. Menyebutkan syi’ir yang
berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
2. Membaca syi’ir yang berhubungan dengan
saran khusus buat pelajar.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa
pertanyaan misalnya :
a. Apa yang
kamu ketahui tentang syi’ir yang berhubungan dengan saran khusus buat pelajar.
b. Bacalah syi’ir saran khusus buat pelajar .
b.
Kegiatan Inti.
1. Guru
meminta siswa untuk membaca.
2. Siswa menyebutkan syi’ir saran
khusus buat pelajar..
3. Siswa menyimpulkan
kegiatan guru.
4. Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c.
Penutup
1. Membuat kesimpulan.
2. Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi.
3. Memberi
tugas individu agar siswa menyebutkan dan membaca syi’ir saran khusus buat pelajar., lewat buku ta’lim maupun buku lain.
E. Sumber Belajar ;
1. Buku
a. Buku
Ta’limul Muta’alim
b. Buku Akhlaq Lil Baniin
c. Buku
Washoya
2. Guru
3. Otrans
Media.com.
4. Gambar-gambar
5. CD
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Tehnik
a.tes lisan
b.tes tertulis
c.penugasan
d.diskusi
2. Bentuk Instrumen
a.daftar pertanyaan
b.tes isian singkat
c.tes pilihan ganda
d.tes uraian
e.pekerjaan rumah
f.bagan rangkuman
g.lembar diskusi
Demak, 15 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel
MUSTAFID,S.Pd.i MOH. SAHID
Tidak ada komentar:
Posting Komentar