LAPORAN OBSERVASI
METODE PEMBELAJARAN PAI
NAMA KELOMPOK
MOHAMMAD NURUL HUDA (31501502244)
RIZAL MAHENDRA ASYIRI (31501502277)
LUTHFI KHAKIM (31501502234)
MOCH NAJMUL HUDA (31501502261)
PRODI PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
JURUSAN
TARBIYAH
FAKULTAS AGAMA
ISLAM
UNIVERSITAS
ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
2017
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah Berkat Rahmat
Allah SWT, kami dapat menyelesaikan laporan observasi ini. Laporan ini di buat
dengan tujuan untuk tugas mata kuliah Metode Pembelajaran PAI dengan tema “
Penggunaan Metode Pembelajaran di MA SHOLAHUDIN Demung Kerangkulon Wonosalam
Demak”. Dalam penyusunan laporan ini, tidak sedikit hambatan dan rintangan yang
kami hadapi, namun dengan semangat dan dibantu semua pihak akhirnya penulisan
laporan observasi ini dapat terselesaikan.
Dalam
kesempatan ini kami berterima kasih kepada ibu Hidayatus
Sholihah. S.Pdi, M.Pd, M,Ed Selaku dosen pada Mata Kuliah Metode
Pembelajaran PAI, kepada bapak ali ahmadi, SE selaku kepala sekolah MA SHOLAHUDIN Demung
Kerangkulon Wonosalam Demak, dan kepada bapak Zaenal Arifin, SPd. i Selaku
Pengampu Mata Pelajaran PAI, yang telah membantu mengarahkan dan memberi
motivasi kepada kami, kami sangat menyadari bahwa penulisan laporan observasi
ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga kritik dan saran yang membangun
semangat sangat penulis harapkan, agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi
dimasa yang akan datang. Semoga laporan observasi ini dapat bermanfaat bagi
penulis khususnya dan dapat memberi manfaat bagi pembaca pada umumya.
Semarang, 31 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
B. RUMUSAN MASALAH
C. TUJUAN
D. MANFAAT
E. METODE PENELITIAN
F. WAKTU DAN TEMPAT
BAB II
PEMBAHASAN
1. HASIL OBSERVASI
A.
Identitas
B. Wawancara
a. Metode problem solving
b. Metode praktek
c. Metode diskusi kelompok
C. Pembelajaran Di Kelas
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
SARAN
DOKUMENTASI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Metode sangat penting di terapkan oleh guru karena untuk menunjang
kefahaman dan penangkapan materi yang di sampaikan oleh guru kepada siswanya,
karena itu guru harus mempunyai metode yng efektif untuk menunjang kefahaman
siswanya, yaitu dengan menggunakan metode yang cocok di terapkan kepada
siswanya, dengan cara melihat situasi dan kondisi siswa tersebut dan seberapa
persenkah siswa mampu menerima materi yang di sampaikan oleh guru tersebut
Maka metode di bagi
menjadi dua yaitu metode konvensional dan metode kontemporer, kadang banyak
guru yang lama menggunakan metode konvensional yaitu metode yang di gunakan
lazimnya guru, kebanyakan dari metode ini menggunakan ceramah untuk menunjang
kefahaman terhdap siswanya, dan yang kedua yaitu metode kontemporer, yaitu
metode tekhnik belajar yang baru berkembang dan tidak lazim di gunakan secara
umum, maka guru harus pintar-pntar menyesuaikan metode pembelajaran manakah
yang sesuai untuk siswanya melihat zamanya sudah berbeda tidak seperti yang
dulu lagi.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah
metode yang di gunakan guru pai di MA
SHOLAHUDIN
2.
Mengapa
guru MA SHOLAHUDIN menggunakan
metode tersebut untuk mengajar siswanya
3.
Apakah
kelebihan dari metode tersebut sehingga
guru MA SHOLAHUDIN menggunakan
metode tersebut
4.
Apakah
kelemahan dari metode yang di gunakan oleh guru MA
SHOLAHUDIN
C. TUJUAN
Tujuan kita observasi di MA
SHOLAHUDIN yaitu untuk mengetahui metode apa
yang di gunakan pada guru untuk menunjang kefahaman siswanya, dan tidak cuma
itu, yaitu kami juga ingin mencari problem yang ada dalam metode yang di
gunakan di madrasah itu dan memecahkan bersama dengan guru mata pelajaran PAI tersebut, dan
tidak lupa juga tujuan kita yaitu menyambung tali silturahim antara sesama muslim
dan sesama instansi akademik.
D. MANFAAT
Laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis khususnya dan pembaca pada
umumnya, karena:
a.
Memberikan kesempatan
kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu
permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran.
b.
Melatih kita dalam
membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
c.
Memberikan kesempatan
kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal berbagai metode pembelajaran
yang digunakan guru dalam materi PAI.
d.
Sebagai pedoman untuk
pembelajaran pada mata kuliah Metode pembelajaran PAI.
e.
Sebagai motivasi untuk
melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan
dengan penggunaan media pembelajaran.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
a.
Pembaca dapat mengetahui
akan masalah yang dihadapi seorang guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang
mungkin kita tidak menyadarinya.
b.
Lebih mendekatkan
pembaca khususnya guru kepada siswanya, dengan memberikan perhatian, pemahaman,
kesempatan dan motivasi bagi mereka.
c.
Menumbuhkan rasa ingin
tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi dalam penggunaan suatu metode
pembelajaran.
E. METODE PENELITIAN
Dalam penelitian ini kami
menggunakan beberapa tekhnik metode penelitian yaitu kita wawancara dengan guru
untuk mengetahui metodenya dan kita melihat langsung guru mengajar agar
mengetahui pengaplikasian metode tersebut,
F. WAKTU DAN TEMPAT
Observasi di laksanakan di MADRASAH
ALIYAH SHOLAHUDIN Demung Wetan Kerangkulon Wonosalam Demak di kantor dan
kelas pada hari jum’at 31 maret 2017 jam 08.00-11.00 WIB.
BAB II
PEMBAHASAN
1. HASIL OBSERVASI
A. Identitas
Judul Observasi : Penggunaan Metode
Pembelajaran
Tempat Observasi : MA SHOLAHUDIN Kerangkulon
Wonosalam Demak
Alamat : Jl. Demung-trengguli KM. 01
Hari / Tanggal Observasi : jum’at, 31 Maret 2017
Narasumber / Guru : Bp. Zainal Arifin, SPd.i
Kelas / Mata Pelajaran : XI A / FIQIH
Metode yang
digunakan : problem solving,
praktek dan diskusi kelompok
B. Wawancara
Setelah kami wawancara dengan Bp. Zainal
Arifin, SPd.i kami mendapatkan tiga metode yang di terapkan dalam pembelajaran
PAI di madrasah aliyah sholahudin, di antara metodenya adalah sebagai berikut :
a. Metode problem solving
Yaitu metode dengan cara siswa di suruh mencari permasalahan yang
berkembang di dalam masyarakat seputar pelajaran fiqih,di dalam metode tersebut
murid itu bisa kritis menyikapi masalah yang ada di dalam masyarakat,dan murid
bisa mengetahui pemecahan masalahnya dan bisa mengaplikasikan di dalam
masyarakat
Alasan memilih
metode ini adalah guru ingin muridnya menjadi peduli terhadap kehidupan sosial
di dalam masyarakat khususnya urusan ibadah, dan guru ingin muridnya bisa
memecahkan masalahnya.
Keunggulan dari metode ini yaitu siswa menjadi sadar atas
problematika di dalam masyarakat dan siswa dapat menjadi aktif di dalam kelas
dan aktif dalam masyarakat sosial juga pemikiran siswa akan berkembang.
Kelemahan di dalam metode ini yaitu terkadang siswa itu tidak
berani untuk bertanya mencurahkan masalahnya itu di sebabkan karena kurangnya
mental dari siswa tersebut, dan dalam metode ini memerlukan pmikiran yang
sangat dalam karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
b. Metode praktek
Yaitu merupakan suatu metode dengan cara siswa mempraktekan apa
yang di sampaikan oleh guru mengenai materi pembelajaran, di dalam metode ini
siswa terjun langsung pada pembahasan sesuai dengan materi yang di sampaikan
contohnya seperti praktek merawat jenazah yaitu meliputi memandikan,mengafani,mensolati
dan menguburkan jenazah Contoh juga praktik manasik haji yaitu meliput
ihram,wukuf, sai dan thawaf ada juga yaitu praktek ijab qobul seperti gambar di
bawah ini
Alasan menggunakan metode ini yaitu siswa bisa langsung faham atas
yang dia praktekan dan bisa menjalankanya lansung d dalam kehidupanya
Kenggulan dari metode ini yaitu praktek yang di lakukan yaitu
bersifat pasti di masyarakat, dan juga menggunakan metode ini menyenangkan
karena kenanyakan dari siswa tersebut suka dengan metode ini dan siswa bisa
aktif.
Kelemahan dari metode ini yaitu terkadang ada yang cacat secara
fisiknya maupun psikomotoriknya itu akan kesusahan menggunakan metode ini,
kalau seperti itu guru harus menyikapinya dengan menggunakan pendekatan khusus
terhadap siswanya untuk mencari jalan lain supaya siawa tersebut bisa
mempraktekanya, di dalam metode ini juga ada praktek yang tidak boleh di
lakukan yaitu seperti praktik tentang zina dan minum khamr karena itu tidak di
perbolehkan dalam syariat agama.
c. Metode diskusi kelompok
Yaitu
metode dengan cara siswa di buat beberapa kelompok lalu setiap kelompok membuat
sebuah pertanyaan, dan pertanyan tersebut yang akan di tujukan kepada kelompok
lain dan juga kelompok itu yang menjawabnya, dengan metode ini seorang siswa
akan aktif dalam kelas dan aktif bekeja
sama antara kelompok satu dengan kelompok lain
Alasan mengunakan metode ini adalah
supaya siswa dapat berfikir secara mendalam tentang petanyaan yang di tujukan,
dan bisa bekerja sama antar kelompok dan saling membantu.
Keunggulan dari metode ini yaitu siswa
dapat aktif di dalam kelas dan terciptanya kesepakatan dari sistem musyawarah
kelompok, dan siswa dapat berfikir kritis untuk menanggapi pertanyaan dari
kelompok lain
Kelemahan dari metode ini yaitu
terkadang siswa tidak bersemangat menggunakan metode ini karena kadang ada
salah satu temanya sudah ada yang memikirkanya.
C. Pembelajaran Di Kelas
1.
Ketika guru memasuki Kelas siswa duduk dengan rapi ditempat duduknya masing-masing.
2.
Ketika guru memasuki
kelas guru memberikan senyuman kepada siswa-siswinya lalu mengucapkan salam dan “selamat
pagi anak-anak bapak”.
3.
Kemudian guru dan siswa memulai pembelajaran
dengan pembacaan do’a yang di
pimpin oleh ketua kelasnya.
4.
Guru mengabsen siswa satu persatu dan mengisi jurnal kelas.
5.
Guru
menyiapkan alat tulis pembelajaran seperti kapur, pengahapus,
dan buku pegangan guru
(buku paket).
6.
Kemudian
guru melakukan appersepsi atau review ulang materi yang telah lalu.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam suatu pengajaran itu di
butuhkan adanya metode supaya untuk mnunjang kefahaman dari siswa tersebut,
metode pembelajaran sangat perlu di butuhkan oleh seorang pengajar karena itu
meupakan karakteristik dari guru tersebut dan ada beberapa metode yang di
gunakan di dalam madrasah aliyah sholahudin yaitu metode propblem solving,
metode praktek dan metode diskusi kelompok ketika metode ini adalah metode
kontemporer yang di gunakan oleh seorang pengajar.
Dari
hasil observasi di madrasah aliyah sholahudin meode yang di terapkan sangat
tepat sekali, karena dari pengajarnya sangat menguasai metode itu dan
darisiswanya pun antusias mengikuti metode tersebut.
SARAN
2.
Guru
harus berkompeten di bidangnya karena untuk mendorong kefahaman muridnya
3.
Guru
harus mengajarkan kepada muridnya agar selalu menjaga akhlakul karimah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar