Minggu, 02 April 2017

CONTOH LAPORAN OBSERVASI


LAPORAN OBSERVASI
METODE PEMBELAJARAN PAI
DOSEN : HIDAYATUS SHOLIHAH. S.Pdi, M.Pd, M,Ed

NAMA KELOMPOK
MOHAMMAD NURUL HUDA          (31501502244)
RIZAL MAHENDRA ASYIRI            (31501502277)
LUTHFI KHAKIM                               (31501502234)
MOCH NAJMUL HUDA                     (31501502261)


PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
2017

KATA PENGANTAR


Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah Berkat Rahmat Allah SWT, kami dapat menyelesaikan laporan observasi ini. Laporan ini di buat dengan tujuan untuk tugas mata kuliah Metode Pembelajaran PAI dengan tema “ Penggunaan Metode Pembelajaran di MA SHOLAHUDIN Demung Kerangkulon Wonosalam Demak”. Dalam penyusunan laporan ini, tidak sedikit hambatan dan rintangan yang kami hadapi, namun dengan semangat dan dibantu semua pihak akhirnya penulisan laporan observasi ini dapat terselesaikan.
Dalam kesempatan ini kami berterima kasih kepada ibu Hidayatus Sholihah. S.Pdi, M.Pd, M,Ed Selaku dosen pada Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI, kepada bapak ali ahmadi, SE  selaku kepala sekolah MA SHOLAHUDIN Demung Kerangkulon Wonosalam Demak, dan kepada bapak Zaenal Arifin, SPd. i Selaku Pengampu Mata Pelajaran PAI, yang telah membantu mengarahkan dan memberi motivasi kepada kami, kami sangat menyadari bahwa penulisan laporan observasi ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga kritik dan saran yang membangun semangat sangat penulis harapkan, agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Semoga laporan observasi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dapat memberi manfaat bagi pembaca pada umumya.

Semarang, 31 Maret 2017
Penulis



DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.. i
DAFTAR ISI. ii
BAB I. 1
PENDAHULUAN.. 1
A.   LATAR BELAKANG.. 1
B.    RUMUSAN MASALAH.. 1
C.    TUJUAN.. 1
D.   MANFAAT. 2
E.   METODE PENELITIAN.. 2
F.    WAKTU DAN TEMPAT. 2
BAB II. 3
PEMBAHASAN.. 3
1.    HASIL OBSERVASI. 3
A.    Identitas. 3
B.    Wawancara. 3
a.     Metode problem solving. 3
b.     Metode praktek. 4
c.     Metode diskusi kelompok. 5
C.    Pembelajaran Di Kelas. 5
BAB III. 6
PENUTUP. 6
KESIMPULAN.. 6
SARAN.. 6
DOKUMENTASI. 6


                                                                                                                                                                       



BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Metode sangat penting di terapkan oleh guru karena untuk menunjang kefahaman dan penangkapan materi yang di sampaikan oleh guru kepada siswanya, karena itu guru harus mempunyai metode yng efektif untuk menunjang kefahaman siswanya, yaitu dengan menggunakan metode yang cocok di terapkan kepada siswanya, dengan cara melihat situasi dan kondisi siswa tersebut dan seberapa persenkah siswa mampu menerima materi yang di sampaikan oleh guru tersebut
     Maka metode di bagi menjadi dua yaitu metode konvensional dan metode kontemporer, kadang banyak guru yang lama menggunakan metode konvensional yaitu metode yang di gunakan lazimnya guru, kebanyakan dari metode ini menggunakan ceramah untuk menunjang kefahaman terhdap siswanya, dan yang kedua yaitu metode kontemporer, yaitu metode tekhnik belajar yang baru berkembang dan tidak lazim di gunakan secara umum, maka guru harus pintar-pntar menyesuaikan metode pembelajaran manakah yang sesuai untuk siswanya melihat zamanya sudah berbeda tidak seperti yang dulu lagi.

B.     RUMUSAN MASALAH

1.    Apakah metode yang di gunakan guru pai di MA SHOLAHUDIN
2.    Mengapa guru MA SHOLAHUDIN menggunakan metode tersebut untuk mengajar siswanya
3.    Apakah kelebihan dari metode tersebut  sehingga guru MA SHOLAHUDIN menggunakan metode tersebut
4.    Apakah kelemahan dari metode yang di gunakan oleh guru MA SHOLAHUDIN

C.   TUJUAN

Tujuan kita observasi di MA SHOLAHUDIN yaitu untuk mengetahui metode apa yang di gunakan pada guru untuk menunjang kefahaman siswanya, dan tidak cuma itu, yaitu kami juga ingin mencari problem yang ada dalam metode yang di gunakan di madrasah itu dan memecahkan bersama dengan guru mata pelajaran PAI tersebut, dan tidak lupa juga tujuan kita yaitu menyambung tali silturahim antara sesama muslim dan sesama instansi akademik.

D.  MANFAAT

Laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, karena:
a.    Memberikan kesempatan kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran.
b.    Melatih kita dalam membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
c.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal berbagai metode pembelajaran yang digunakan guru dalam materi PAI.
d.   Sebagai pedoman untuk pembelajaran pada mata kuliah Metode pembelajaran PAI.
e.    Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan penggunaan media pembelajaran.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
a.    Pembaca dapat mengetahui akan masalah yang dihadapi seorang guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang mungkin kita tidak menyadarinya.
b.    Lebih mendekatkan pembaca khususnya guru kepada siswanya, dengan memberikan perhatian, pemahaman, kesempatan dan motivasi bagi mereka.
c.    Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi dalam penggunaan suatu metode pembelajaran.

E. METODE PENELITIAN

Dalam penelitian ini kami menggunakan beberapa tekhnik metode penelitian yaitu kita wawancara dengan guru untuk mengetahui metodenya dan kita melihat langsung guru mengajar agar mengetahui pengaplikasian metode tersebut,

F. WAKTU DAN TEMPAT

Observasi di laksanakan di MADRASAH ALIYAH SHOLAHUDIN Demung Wetan Kerangkulon Wonosalam Demak di kantor dan kelas pada hari jum’at 31 maret 2017 jam 08.00-11.00 WIB.



BAB II

PEMBAHASAN

1.  HASIL OBSERVASI

A.    Identitas

Judul Observasi                       : Penggunaan Metode Pembelajaran
Tempat Observasi                    : MA SHOLAHUDIN Kerangkulon Wonosalam Demak
Alamat                                     : Jl. Demung-trengguli KM. 01
Hari / Tanggal Observasi         : jum’at, 31 Maret 2017
Narasumber / Guru                  : Bp. Zainal Arifin, SPd.i
Kelas / Mata Pelajaran            : XI A / FIQIH
Metode yang digunakan         : problem solving, praktek dan diskusi kelompok

B.       Wawancara

Setelah kami wawancara dengan Bp. Zainal Arifin, SPd.i kami mendapatkan tiga metode yang di terapkan dalam pembelajaran PAI di madrasah aliyah sholahudin, di antara metodenya adalah sebagai berikut :

a.      Metode problem solving

Yaitu metode dengan cara siswa di suruh mencari permasalahan yang berkembang di dalam masyarakat seputar pelajaran fiqih,di dalam metode tersebut murid itu bisa kritis menyikapi masalah yang ada di dalam masyarakat,dan murid bisa mengetahui pemecahan masalahnya dan bisa mengaplikasikan di dalam masyarakat
Alasan memilih metode ini adalah guru ingin muridnya menjadi peduli terhadap kehidupan sosial di dalam masyarakat khususnya urusan ibadah, dan guru ingin muridnya bisa memecahkan masalahnya.
Keunggulan dari metode ini yaitu siswa menjadi sadar atas problematika di dalam masyarakat dan siswa dapat menjadi aktif di dalam kelas dan aktif dalam masyarakat sosial juga pemikiran siswa akan berkembang.
Kelemahan di dalam metode ini yaitu terkadang siswa itu tidak berani untuk bertanya mencurahkan masalahnya itu di sebabkan karena kurangnya mental dari siswa tersebut, dan dalam metode ini memerlukan pmikiran yang sangat dalam karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

b.      Metode praktek

Yaitu merupakan suatu metode dengan cara siswa mempraktekan apa yang di sampaikan oleh guru mengenai materi pembelajaran, di dalam metode ini siswa terjun langsung pada pembahasan sesuai dengan materi yang di sampaikan contohnya seperti praktek merawat jenazah yaitu meliputi memandikan,mengafani,mensolati dan menguburkan jenazah Contoh juga praktik manasik haji yaitu meliput ihram,wukuf, sai dan thawaf ada juga yaitu praktek ijab qobul seperti gambar di bawah ini


 






                                                                                                                                                                             


Alasan menggunakan metode ini yaitu siswa bisa langsung faham atas yang dia praktekan dan bisa menjalankanya lansung d dalam kehidupanya
Kenggulan dari metode ini yaitu praktek yang di lakukan yaitu bersifat pasti di masyarakat, dan juga menggunakan metode ini menyenangkan karena kenanyakan dari siswa tersebut suka dengan metode ini dan siswa bisa aktif.
Kelemahan dari metode ini yaitu terkadang ada yang cacat secara fisiknya maupun psikomotoriknya itu akan kesusahan menggunakan metode ini, kalau seperti itu guru harus menyikapinya dengan menggunakan pendekatan khusus terhadap siswanya untuk mencari jalan lain supaya siawa tersebut bisa mempraktekanya, di dalam metode ini juga ada praktek yang tidak boleh di lakukan yaitu seperti praktik tentang zina dan minum khamr karena itu tidak di perbolehkan dalam syariat agama.

c.    Metode diskusi kelompok

Yaitu metode dengan cara siswa di buat beberapa kelompok lalu setiap kelompok membuat sebuah pertanyaan, dan pertanyan tersebut yang akan di tujukan kepada kelompok lain dan juga kelompok itu yang menjawabnya, dengan metode ini seorang siswa akan aktif dalam kelas dan aktif  bekeja sama antara kelompok satu dengan kelompok lain
        Alasan mengunakan metode ini adalah supaya siswa dapat berfikir secara mendalam tentang petanyaan yang di tujukan, dan bisa bekerja sama antar kelompok dan saling membantu.
        Keunggulan dari metode ini yaitu siswa dapat aktif di dalam kelas dan terciptanya kesepakatan dari sistem musyawarah kelompok, dan siswa dapat berfikir kritis untuk menanggapi pertanyaan dari kelompok lain
        Kelemahan dari metode ini yaitu terkadang siswa tidak bersemangat menggunakan metode ini karena kadang ada salah satu temanya sudah ada yang memikirkanya.

C.           Pembelajaran Di Kelas

1.      Ketika  guru memasuki Kelas siswa duduk dengan rapi ditempat duduknya masing-masing.
2.      Ketika guru memasuki kelas guru memberikan senyuman kepada siswa-siswinya lalu mengucapkan salam dan “selamat pagi anak-anak bapak”.
3.      Kemudian guru dan siswa memulai pembelajaran dengan pembacaan do’a yang di pimpin oleh ketua kelasnya.
4.      Guru mengabsen siswa satu persatu dan mengisi jurnal kelas.
5.      Guru menyiapkan alat tulis pembelajaran seperti kapur, pengahapus, dan buku pegangan guru (buku paket).
6.      Kemudian guru melakukan appersepsi atau review ulang materi yang telah lalu.


BAB III

PENUTUP


KESIMPULAN

Dalam suatu pengajaran itu di butuhkan adanya metode supaya untuk mnunjang kefahaman dari siswa tersebut, metode pembelajaran sangat perlu di butuhkan oleh seorang pengajar karena itu meupakan karakteristik dari guru tersebut dan ada beberapa metode yang di gunakan di dalam madrasah aliyah sholahudin yaitu metode propblem solving, metode praktek dan metode diskusi kelompok ketika metode ini adalah metode kontemporer yang di gunakan oleh seorang pengajar.
            Dari hasil observasi di madrasah aliyah sholahudin meode yang di terapkan sangat tepat sekali, karena dari pengajarnya sangat menguasai metode itu dan darisiswanya pun antusias mengikuti metode tersebut.

SARAN

1.    Guru PAI harus selalu menekankan kepada muridnya agar selalu patuh dan taat pada perintah guru
2.    Guru harus berkompeten di bidangnya karena untuk mendorong kefahaman muridnya
3.    Guru harus mengajarkan kepada muridnya agar selalu menjaga akhlakul karimah.


 
 



                                                                          












                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MUDAH MENGHAFAL NADZOMAN ALFIYYAH IBNU MALIK

Cara Menghafal Alfiyyah Ibnu Malik    Cara mudah menghafal kitab Alfiyah Ibnu Malik? Eumhh.. Kitab Alfiyyah ibnu malik me...